Tips Mudah Memesan Undangan Pernikahan Simpel Tapi Elegan

undangan pernikahan

Pernikahan menjadi salah satu momen indah dalam hidup. Jadi semua persiapan pernikahan memang harus dipersiapkan dengan matang. Mulai dari ingin menggunakan adat apa untuk pernikahan. Kemudian juga mempertimbangkan dekor dan tema pernikahan. Souvenir, catering sampai undangan pernikahan. Undangan pernikahan memang menjadi penting ketika ingin menyelenggarakan pesta pernikahan. Sebab pernikahan tidak akan berjalan meriah tanpa adanya tamu. Oleh karena itulah, diharuskan untuk menyebar undangan pernikahan ketika sepasang pengantin ingin menikah.

Untuk Anda yang ingin membuat undangan pernikahan simpel namun elegan. Maka pastikan beberapa hal berikut ini terlebih dahulu.

Mencari Banyak Referensi

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mendapatkan undangan pernikahan elegan adalah mencari referensi sebanyak mungkin. Untuk beberapa orang, mungkin banyaknya referensi akan membuat kebingungan. Namun sebenarnya hal ini justru bagus untuk mempersiapkan undangan pernikahan secara lebih tepat. Meskipun ada banyak gaya desain simple, namun tetap saja masih banyak contoh undangan pernikahan simpel yang ada. Dengan mencari referensi yang banyak, maka Anda bisa menentukan gaya desain mana yang tepat.

Memastikan Tanggal Pernikahan

Sebelum memesan undangan pernikahan, pastikan sudah menentukan tanggal pernikahan terlebih dahulu. Sebab pihak jasa percetakan undangan tidak akan bisa merevisi jika sudah naik produksi. Oleh sebab itulah harus dipastikan dengan baik kapan hari pernikahan tersebut. Tanggal pernikahan ini tentunya sudah harus disepakati oleh kedua belah pihak pengantin dan keluarga besar. Jadi nantinya tidak ada miss ketika undangan pernikahan disebar.

Memilih Ukuran

Tiap-tiap katalog undangan pernikahan memiliki ukuran yang berbeda-beda. Untuk itulah sangat penting bagi Anda bisa memilih ukuran undangan pernikahan secara tepat dan pasti. Jangan sampai undangan pernikahan yang dipilih ini ukurannya terlalu kecil atau terlalu besar. Akan lebih baik jika memilih ukuran yang sedang saja. Jadi orang yang menerima undangan bisa membaca tulisan dengan lebih jelas.

Perhatikan Kertas yang Digunakan

Dari segi kertas yang digunakan untuk membuat undangan pernikahan juga penting diperhatikan. Jenis kertas yang digunakan untuk membuat undangan ini akan berpengaruh pada harga produksi nantinya. Berikut ini beberapa jenis kertas yang sering digunakan untuk membuat undangan pernikahan.

  • Art Paper

Merupakan jenis kertas yang banyak dipakai untuk membuat undangan pernikahan. Permukaan dari bahan art paper ini mengkilap. Biasanya dilapisi dengan laminasi, doff, glossy, atau UV untuk menambah nilai jual. Biasanya art paper ini dipakai untuk lapisan luar atau dalam hard cover undangan. Varian art paper ini pun bervariasi seperti 85 gr, 100 gr, 120 gr serta 150 gr.

  • Matt Paper

Untuk matt paper ini umumnya sama dengan art paper. Yang membuat beda adalah matt paper tidak mengkilap. Umumnya matt paper dipakai untuk mencetak majalah. Hal ini dikarenakan matt paper memberikan nuansa doff, jadi memberikan kesan lebih elegan. Kelebihan yang dimiliki oleh matt paper ini adalah lebih bisa menyerap tinta dibandingkan dengan art paper.

  • Kertas Concorde

Adalah jenis kertas dengan ciri permukaan penuh dengan serat garis tidak beraturan. Juga matt paper ini bisa memberikan kesan romantis pada undangan pernikahan. Biasanya kertas corconde ini digunakan sebagai isi undangan dengan hanya satu warna cetak saja. Baik itu hitam atau putih untuk memberikan kesan romantis yang tetap terjaga.

  • Samson Kraft

Jenis kertas lain yang bisa dijadikan referensi untuk membuat undangan pernikahan adalah kertas samson kraft. Untuk kertas ini sebenarnya merupakan kertas daur ulang, jadi tidak heran jika warnanya cokelat kusam dan memiliki tekstur kasar. Meskipun begitu, kertas samson ini membuat jadi manis ketika digunakan untuk mencetak undangan. Selain itu, menggunakan kertas samson kraft ini akan membuat undangan pernikahan menjadi simpel dan terlihat klasik.

  • Kertas Linen

Menjadi salah satu kertas undangan yang juga umum dipakai. Ciri dari kertas linen ini mempunyai tekstur kasar. Di permukaan kertasnya terdapat garis-garis timbul tipis. Untuk kertas ini bisa dicetak menggunakan metode apa saja, baik manual atau digital. Dengan memakai kertas linen ini akan membuat undangan menjadi terkesan unik dan memiliki karakter kuat. Kertas linen atau buffalo ini tersedia dalam beberapa varian gramasi, mulai dari 150 – 230 gram. Selain digunakan untuk membuat undangan pernikahan, kertas ini juga dipakai membuat kartu nama.

  • Aster

Selain itu ada kertas aster yang termasuk ke dalam golongan kertas mahal. Hal ini karena kualitasnya yang baik. Ciri dari kertas aster ini mempunyai tekstur dan permukaan halus. Jenis kertas ini pun sangat cocok dipakai untuk membuat undangan yang eksklusif.

  • Jasmine

Tekstur dari kertas ini bergliter, jadi ketika dipakai untuk membuat desain undangan menjadi terlihat cantik. Dari segi harga, ternyata termasuk murah dengan kualitas yang mewah. Selain itu tekstur kertas jasmine pun seperti serpihan kristal di setiap permukaan. Saat diraba terasa halus, dan saat terkena cahaya akan tampak butir-butir kristal halus berkilau. Dengan menggunakan kertas ini akan membuat tampilan undangan menjadi lebih mewah. Kertas ini cocok digunakan untuk membuat undangan resepsi pernikahan.

  • Art Carton

Kertas yang terakhir adalah art carton yang mana lebih tebal dibandingkan dengan art paper. Dengan menggunakan kertas ini maka tidak perlu menambahkan hard cover. Dari harga memang terbilang murah dan mudah dibentuk, serta dikombinasikan dengan bahan lainnya. Jadi undangan pernikahan akan terlihat lebih menarik. Tidak mengherankan jika banyak orang memilih menggunakan kertas art carton untuk mencetak undangan pernikahan.

Pastikan Jumlah Undangan yang Dipesan

Kemudian Anda juga harus mempertimbangkan dengan baik berapa banyak undangan pernikahan yang dipesan. Jangan sampai jumlah undangan yang dipesan ini kurang dan membuat beberapa keluarga atau teman tidak mendapatkan undangan pernikahan tersebut. Perlu diketahui juga bahwa semakin banyak undangan pernikahan yang dipesan, harga per pcs biasanya akan menjadi lebih murah. Namun tetap saja Anda harus menyesuaikan jumlah undangan pernikahan dengan pasti. Jadi nantinya tidak ada yang tidak mendapatkan undangan pernikahan.

Memilih Jasa Percetakan Undangan Terbaik

Tips terakhir untuk bisa mendapatkan undangan pernikahan yang benar-benar simpel dan sesuai keinginan. Pastikan untuk memilih jasa percetakan yang benar-benar tepat. Banyaknya tempat pembuatan undangan pernikahan memang membuat beberapa orang menjadi kebingungan. Namun bukan berarti membuat Anda bersama pasangan bisa begitu saja memilih jasa percetakan undangan. Jika memang merasa kesulitan untuk mendapatkan tempat percetakan undangan yang benar-benar tepat. Maka bisa meminta rekomendasi kepada teman atau kerabat yang sudah pernah melakukan pemesanan sebelumnya. Biasanya mereka bisa memberikan rekomendasi tempat cetak undangan pernikahan terbaik dan terpercaya.

Nah itulah beberapa tips mudah untuk pemesanan undangan pernikahan yang tepat dan sesuai keinginan. Jangan sampai Anda salah mendapatkan undangan pernikahan yang tidak sesuai. Hal tersebut pastinya akan membuat Anda kecewa dan membuat mood menjadi berubah buruk.

Chat dengan kami melalui WhatsApp