TATA CARA PELAKSANAAN AQIQQH TANGERANG KOTA MENURUT SYARIAT ISLAM

Kelahiran buah hati merupakan anugerah dan kebahagiaan bagi setiap orang tua. Ras syukur tidak lupa di panjatkan kepada Allah SWT. Ada banyak sekali cara untuk mengungkapkan rasa syukur ini. Dalam agama Islam, ungkapan rasa syukur atas kelahiran buah hati dalam keadaan sehat biasa disebut akikah. Ibadah akikah ini dilakukan dengan menyembelih binatang ternak, kemudian dibagikan kepada tetangga dan kerabat. Biasanya hewan yang digunakan untuk acara aqiqah Tangerang kota adalah kambing.

5 Tata Cara Pelaksanaan Aqiqah Tangerang Kota

Sebelum anda melakukan acara aqiqah Tangerang kota. Ada baiknya jika mengetahui tata cara pelaksanaannya terlebih dahulu. Simak ulasannya berikut ini.

  1. Waktu pelaksanaan yang dianjurkan

Menurut sabda Rasulullah, waktu akikah yang paling utama adalah hari ke-7 dari awal kelahiran anak. Jika berhalangan, bisa dilaksanakan pada hari ke 14 atau 21. Tetapi jika kondisi ekonomi tidak memungkinkan melangsungkan acara aqiqah Tangerang kota. Maka terlepaslah kewajiban melakukan akikah ini. Pelaksanaan akikah ini bisa diganti kapan saja. Asalkan anak belum lewat dari masa baligh.

  1. Memilih hewan akikah

Menurut Islam, hewan yang baik untuk digunakan dalam acara aqiqah Tangerang kota adalah hewan yang memiliki kriteria sama dengan hewan qurban. Sangat dianjurkan memilih kambing akikah sehat dan bersih. Dari segi umur kambing adalah minimal sudah 6 bulan. Umumnya, hewan ternak yang digunakan untuk acara aqiqah adalah kambing atau domba. Jadi tidak boleh menggunakan hewan ternak ayam, kelinci, atau burung. Untuk anak laki-laki memerlukan dua ekor kambing. Sedangkan untuk anak perempuan cukup 1 ekor kambing saja. Jenis kelamin domba atau akikah yang bisa digunakan adalah jantan dan betina.

  1. Pembagian daging hewan akikah

Kemudian dari segi pembagian daging akikah berbeda dengan daging qurban. Untuk daging akikah terlebih dahulu dimasak baru bisa dibagikan. Ada banyak sekali menu masakan olahan daging kambing untuk akikah ini. Yang perlu diperhatikan adalah jenis masakan tersebut sesuai selera masyarakat umum. Jangan sampai memasak terlalu pedas jika masyarakat kurang familiar dengan rasa pedas. Bisa memilih menu sate, gulai, atau yang lainnya.

  1. Pemberian nama anak

Ketika menyelenggarakan acara aqiqah Tangerang kota, anda disunahkan untuk mencukur rambut dan memberikan nama baik kepada anak tersebut. Pemberian nama anak ini akan mencerminkan bagaimana akhlak dan iman kepada Allah nantinya.

  1. Mencukur rambut

Rasulullah juga menganjurkan untuk melakukan cukur rambut anak di hari ke-7. Dalam acara aqiqah Tangerang kota menurut Islam tidak ada hadist yang menjelaskan harus mencukur rambut atau tidak. Yang jelas proses mencukur ini harus dilakukan secara merata.

Melaksanakan Ibadah Aqiqah Tangerang Kota Terbaik

Terdapat beberapa keutamaan dari proses pelaksanaan aqiqah Tangerang kota. Seperti mewujudkan rasa syukur kepada Allah atas kelahiran seorang anak sebagai penerus dalam keluarga. Serta mampu meneladani dan mengikuti sunnah Rasulullah. Juga sebagai momen berbagi kepada sesama dan mempererat tali persaudaraan. Serta sebagai bentuk rasa bahagia dengan membagikan kebahagiaan tersebut kepada orang lain. Bagi anda yang ingin melakukan acara akikah dengan menggunakan layanan jasa. Ada baiknya jika memilih layanan akikah yang sudah berpengalaman dan terpercaya. Dengan begitu anda nantinya bisa merasa aman dan nyaman selama pemesanan. Bahkan bisa mendapatkan pengiriman gratis. Jadi anda tidak perlu lagi harus jauh-jauh ke lokasi layanan akikah untuk mengambilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat dengan kami melalui WhatsApp