Mau Bikin Undangan Pernikahan Menarik? Ikuti Tips Ini

desain-undangan-pernikahan

Menikah menjadi salah satu momen yang dianggap sakral dan suci. Jadi tidak mengherankan jika calon pengantin sangat berhati-hati dalam mengurus pernikahan ini. Mulai dari pemilihan gaun pernikahan, WO, fotografer, sampai cetak undangan yang nantinya disebarkan. Salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan dengan baik ketika akan menyelenggarakan pernikahan adalah undangan. Nantinya undangan ini akan dikirimkan kepada kerabat serta teman-teman dari calon pengantin dan keluarga besar. Dengan begitu, ketika hari pernikahan tiba akan ada banyak orang datang untuk merayakan pernikahan. Memilih undangan pernikahan bisa dikatakan gampang-gampang susah. Sebab hal ini harus disesuaikan dengan tema pernikahan dan kesesuaian dengan calon pengantin.

Tips Membuat Undangan Pernikahan Menarik

Untuk Anda yang merasa kesulitan untuk mendesain undangan pernikahan. Maka Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini.

Pemilihan Style

Kebanyakan desain undangan pernikahan yang dibuat ini berdasarkan style atau meminjam gaya pasangan. Memilih gaya desain adalah pilihan terbaik untuk memulai membuat desain. Berikut ini gaya desain yang bisa diterapkan pada undangan pernikahan.

  1. Tradisional dan elegan : Memiliki tampilan klasik, abadi, dan bisa cocok untuk pernikahan formal serta informal. Untuk pilihan gaya ini bagus dan tidak akan menyinggung orang yang lebih tua. Desain undangan pernikahan ini bisa menggunakan border bunga, font script dan warna mungil.
  2. Art Deco : Memberikan kesan sentuhan vintage kuat yang sampai sekarang masih trend. Yang mana bisa memberikan kasih sayang, kualitas undangan pun simetris.
  3. Mid Century Retro : Untuk gaya ini meminjam gaya di tahun 1950-an. Meskipun begitu masih terlihat kekinian dan relevan.

Font

Hal selanjutnya yang harus dipertimbangkan dengan baik ketika membuat undangan adalah pemilihan font. Pemilihan font akan membuat desain undangan menjadi jelek atau menarik. Jika font yang dipilih tepat, maka bisa membuat undangan pernikahan menjadi menarik. Namun jika pemilihan font jelek, maka akan membuat undangan pernikahan menjadi jelek juga. Jenis font yang bisa digunakan untuk eksperimen adalah Fournier, Calson, Allura, dan Manglayang Script. Akan tetapi jika acara pernikahan ini memiliki tema, maka bukan waktu tepat untuk melakukan eksperimen dengan font-font baru. Anda bisa mencari font yang berbobot dan memastikan italic dan bold ada.

Kepraktisan

Kemudian Anda juga harus mempertimbangkan kepraktisan. Seperti akan menjadi dimensi apa undangan yang dibuat. Serta bagaimana orientasi undangannya, portrait atau landscape. Kebanyakan desain undangan didesain dengan amplop standar. Apabila mengirimkan desain undangan ke percetakan profesional, biasanya akan menggunakan ukuran standar amplop mereka. Oleh sebab itulah akan sangat baik untuk meminta pendapat mengenai ukuran undangan pernikahan ini. Yang harus diperhatikan dengan baik adalah jangan menyamakan antara ukuran sampul dengan undangan. Sebab ukuran amplop tentu akan lebih besar dibandingkan kertas undangan.

Desain Tambahan

Anda bisa menambahkan desain bunga untuk memberikan kesan sempurna, dan menyeimbangkan antara asmara dan modernitas. Sebagai contohnya adalah undangan pernikahan dengan motif bunga sentuhan modern. Kemudian menggunakan background hitam sehingga membuat kontras dengan gaya cat air bunga pink lembut dan hijau. Jangan lupa untuk menambahkan bingkai putih minimal dua di sekitar perbatasan desain.

Mempertimbangkan Fotografi

Memang benar jika fotografi jarang dipakai pada undangan pernikahan. Sebab desain ini cenderung mempunyai tipografi atau lebih fokus ilustrasi. Jika ingin membuat undangan pernikahan yang unik. Maka bisa mempertimbangkan untuk mengenalkan foto ke dalam tata letak. Hal ini akan membuat undangan pernikahan menjadi terlihat segar dan modern. Undangan pernikahan ini juga cocok untuk yang tidak suka dengan gaya vintage.

Menyesuaikan dengan Garis Tengah

Menyelaraskan teks di tengah akan membuat teks jadi lebih formal. Yang mana membedakan undangan sebagai suatu hal penting dan terkenal. Potongan teks kecil seperti tanggal dan nama juga akan jadi lebih terorganisir dan elegan ketika selaras di tengah. Ada baiknya untuk mengatur teks secara vertikal supaya ke tengah halaman. Selain it pastikan bahwa frame teks bisa selaras di tengah. Cobalah untuk mengatur nama pasangan dengan ukuran italic besar, tanggal dan waktu acara tebal serta memberikan kode pos dengan ukuran lebih kecil.

Gunakan ‘&’ bukannya ‘dan’

Simbol & memang sering terhimpit di antara nama pasangan yang membuat tampak elegan, fragmatis dan menarik tanpa mengganggu teks yang ada di sekitarnya. Penggunaan simbol ini pun lebih bagus dibandingkan dengan menuliskan kata dan. Ada banyak simbol & di setiap font. Tinggal Anda menyesuaikan dengan kebutuhan saja.

Pertimbangkan Warna

Hal lain yang harus diperhatikan dengan baik ketika mendesain undangan pernikahan adalah warna kertas. Jangan sampai membuat warna yang kontras antara warna kertas dengan warna font untuk mencetak desain. Juga jangan menggunakan warna-warna yang terlalu ramai untuk font.

Tips Memilih Percetakan Undangan Pernikahan yang Terbaik

Bagi Anda yang ingin membuat undangan pernikahan. Namun belum menemukan tempat pembuatan undangan pernikahan yang tepat dimana. Maka beberapa tips berikut ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan jasa percetakan undangan yang terbaik.

  1. Mencari Informasi

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mencari informasi sebanyak mungkin mengenai jasa percetakan undangan pernikahan. Pastikan untuk tahu dimana alamatnya, bagaimana reputasi, kredibilitas dan masih banyak lainnya. Dengan mengetahui informasi ini secara pasti, maka Anda bisa membuat pertimbangan yang lebih tepat. Apakah benar ingin bekerja sama dengan jasa percetakan tersebut atau tidak.

  1. Mengetahui Portofolio

Selanjutnya Anda juga harus mengetahui seberapa banyak portofolio yang dimiliki oleh jasa percetakan tersebut. Semakin banyak portofolio yang dimiliki oleh jasa tersebut. Artinya ada banyak orang yang percaya kepada jasa percetakan undangan pernikahan tersebut. Jadi ketika Anda memutuskan untuk bekerja sama dengan jasa tersebut. Tentunya tidak akan merasa ragu lagi, sebab sudah mengetahui portofolio dari jasa percetakan undangan pernikahan tersebut.

  1. Mempertimbangkan Biaya Jasa

Kemudian Anda juga harus mempertimbangkan dengan baik biaya jasa yang ditawarkan oleh jasa percetakan undangan tersebut. Perlu diketahui dengan baik bahwa tiap-tiap jasa percetakan bisa memberikan penawaran harga yang berbeda-beda. Ada yang bisa memberikan penawaran harga murah sampai harga mahal. Untuk jasa percetakan yang benar-benar berpengalaman dan terpercaya biasanya akan memberikan penawaran harga kompetitif. Yang mana harga ini bisa bersaing dengan harga dari jasa percetakan undangan lainnya.

  1. Mengetahui Waktu Pengerjaan

Selain itu Anda juga harus tahu waktu pengerjaan cetak undangan pun juga harus dipertimbangkan dengan baik. Pastikan bahwa waktu cetak undangan bisa tepat waktu. Jadi nantinya tidak perlu menunggu terlalu lama. Sebab bisa jadi, undangan tersebut akan segera disebar ketika sudah sampai ke alamat pemesan. Juga Anda harus memastikan dengan baik apakah jasa percetakan tersebut bisa memproduksi dalam jumlah besar atau tidak. Jika Anda memilih jasa percetakan undangan yang menerima cetak skala besar, maka nantinya tidak harus pindah lokasi lagi.

Chat dengan kami melalui WhatsApp