Kesalahan Umum Saat Mendesain Undangan Pernikahan

undangan pernikahan

Mempersiapkan pernikahan memang tidak bisa asal-asal, sebab hal ini akan berhubungan dengan nama baik kedua belah keluarga. Dalam persiapan ini sendiri pun ada banyak hal penting yang harus diperhatikan. Mulai dari gaun pengantin, dekorasi, MUA, menu makanan sampai undangan pernikahan. Mungkin banyak yang abai mengenai pembuatan undangan pernikahan. Asal jadi dan disebar ke orang-orang yang masih berkaitan dengan kita maka orang-orang tersebut akan datang ke acara pernikahan. Namun harus diketahui dengan baik bahwa membuat undangan pernikahan tidak bisa asal jadi. Pertimbangan umum yang harus diperhatikan saat membuat undangan pernikahan adalah dari segi harga dan desain.

6 Kesalahan Umum Ketika Mendesain Undangan Pernikahan

Memang benar ketika sudah selesai acara pernikahan, undangan pernikahan hanya akan menumpuk. Parahnya bisa masuk tempat sampah. Oleh sebab itulah, kita harus bisa membuat undangan pernikahan yang kreatif. Namun sayangnya masih banyak pengantin yang melakukan kesalahan-kesalahan saat membuat undangan pernikahan. Yang mana berakhir dengan membuat undangan pernikahan tersebut menjadi kurang nyaman untuk dilihat.

Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat mendesain undangan pernikahan.

  1. Salah Memilih Warna

Harus diketahui dengan baik terlebih dahulu bahwa warna mempunyai peranan penting dalam menentukan keindahan undangan pernikahan. Banyak orang yang membuat desain undangan pernikahan namun tidak paham mengenai warna. Kesalahan umum yang cukup sering dilakukan dalam membuat undangan pernikahan adalah mengombinasikan warna. Yang mana membuat perpaduan warna jadi kurang cocok atau penggunaan warna terlalu banyak. Apabila hal ini terjadi, maka tidak membuat undangan pernikahan jadi indah. Tetapi malah membuat undangan pernikahan jadi kampungan atau norak.

  1. Salah Memilih Font

Banyak pemilik undangan pernikahan menginginkan jika undangan pernikahan yang dibuat bisa menarik. Namun hal ini sedikit sulit untuk dilakukan sebab ada banyak jenis font yang tersedia. Bisa jadi Anda menemukan salah satu font yang menarik dan mungkin akan menggunakannya. Namun harus dipahami terlebih dahulu bahwa tidak semua jenis tulisan yang kelihatannya menarik bisa dipakai untuk membuat indah undangan pernikahan. Terlebih jika font yang dipilih sulit untuk dibaca. Jadi akan lebih baik jika meminta bantuan pada ahli pembuatan undangan pernikahan.

  1. Salah Memilih Bahan

Kesalahan selanjutnya yang cukup dirasakan adalah kesalahan pemilihan kertas untuk pembuatan undangan pernikahan. Apabila kertas undangan yang dipilih kurang sesuai, maka hasilnya juga tidak akan sesuai harapan. Untuk membuat kartu undangan pernikahan bisa memanfaatkan beberapa jenis kertas. Diantaranya adalah kertas jasmine, art paper, art carton, matt paper, dan ivory. Pastikan dengan baik untuk sudah memilih bahan pembuatan kartu undangan yang tepat. Dengan begitu hasilnya nanti akan lebih maksimal.

  1. Salah Penulisan

Apabila ada kesalahan dalam penulisan, maka hal ini adalah keteledoran si pembuat undangan pernikahan. Jadi akan lebih baik jika sebelum mengirimkan file desain ke percetakan melakukan pemeriksaan informasi dalam undangan terlebih dahulu. Jangan sampai ada kesalahan penulisan nama calon pengantin, tanggal, tempat berlangsungnya pernikahan, sampai nama orang tua. Serta informasi penting lainnya.

  1. Salah Ukuran Kartu Undangan

Tentunya kita tahu bahwa undangan pernikahan memiliki beberapa ukuran yang bisa dipilih. Perlu diketahui bahwa ukuran undangan pernikahan ini menjadi salah satu unsur penting. Jadi sebaiknya hindari kesalahan dalam memilih ukuran kartu undangan. Ukuran kartu undangan pernikahan yang terlalu besar atau kecil tidak akan praktis untuk si penerima. Oleh sebab itulah, akan lebih baik jika sebelumnya sudah pengukuran atau berdiskusi bersama.

  1. Salah Percetakan

Terakhir adalah salah memilih tempat percetakan yang akan diajak kerja sama untuk mencetak undangan pernikahan. Seperti diketahui bahwa banyak jasa percetakan undangan pernikahan yang bisa diajak kerja sama. Namun bukan berarti bisa memilih salah satu dan langsung melakukan kerja sama. Akan lebih menguntungkan jika sebelumnya bisa membuat pertimbangan-pertimbangan mengenai pemilihan tempat cetak undangan pernikahan.

Tips Memilih Percetakan Undangan Pernikahan Terbaik

Untuk Anda yang merasa kesulitan untuk menemukan tempat cetak undangan pernikahan terbaik dan terpercaya seperti apa. Maka beberapa tips berikut ini akan sangat membantu Anda tentunya. Simak beberapa tipsnya berikut ini.

  1. Lokasi

Hal pertama yang harus dipertimbangkan dengan baik ketika memilih percetakan undangan adalah lokasi. Akan lebih baik jika Anda bisa memilih tempat cetak undangan pernikahan yang lokasinya dekat. Dengan begitu memungkinkan untuk melakukan konsultasi desain dan mendatangi lokasi tanpa harus menguras waktu. Pastikan dengan baik bahwa tempat cetak undangan pernikahan yang diajak kerja sama ini sudah berpengalaman dan mampu menghasilkan kualitas terbaik.

  1. Kemudahan

Anda pun juga harus mempertimbangkan kemudahan ketika diajak kerja sama. Kemudahan yang dimaksud disini adalah bisa membuat Anda mendapatkan pelayanan yang dibutuhkan. Misalnya mudah ketika melakukan komunikasi, dalam hal teknis, koordinasi, pengambilan dan fasilitas lainnya. Saat komunikasi mudah dilakukan. Maka menyampaikan detail undangan pun tidak akan terhambat. Baik Anda ingin berkomunikasi lewat telepon, chat, atau langsung datang ke lokasi tempat cetak undangan pernikahan.

  1. Kualitas

Selanjutnya dari segi kualitas juga harus dipertimbangkan dengan baik. Setiap konsumen pastinya ingin mendapatkan kualitas yang baik dari produsennya. Nah, Anda harus bisa memastikan dengan baik bahwa kualitas cetak undangan yang ditawarkan benar-benar memuaskan dan berkualitas. Untuk mengetahui bahwa undangan berkualitas atau tidak bisa dilihat dari beberapa hal. Diantaranya adalah jenis kertas yang digunakan, hasil finishing, tinta, dan masih banyak lainnya. Dengan mengetahui kualitas dari tempat cetak undangan. Maka Anda bisa membuat pertimbangan lebih baik apakah ingin melakukan kerja sama atau tidak.

  1. Harga

Dari segi harga pun juga harus dipertimbangkan dengan baik. Setiap tempat percetakan undangan pastinya memiliki penawaran harga yang berbeda-beda. Ada yang bisa memberikan penawaran harga murah sampai harga mahal. Pastikan dengan baik berapa harga yang ditawarkan untuk satu pcs undangan pernikahan ditempat tersebut. Selain itu Anda juga bisa membuat perbandingan antara tempat cetak undangan yang satu dengan lainnya. Dengan begitu Anda bisa membuat pertimbangan yang lebih matang. Tempat cetak undangan pernikahan yang baik tentunya akan memberikan penawaran harga terjangkau.

  1. Lama Produksi

Mengenai lama produksi juga harus dipertimbangkan sedari awal memilih tempat cetak undangan pernikahan. Anda harus tahu seberapa lama waktu produksi undangan pernikahan ditempat tersebut. Jika memang dalam kondisi sedang banyak konsumen, maka wajar jika proses produksinya akan sedikit lama. Namun jika konsumen sedikit dan masih membutuhkan waktu lama. Akan lebih baik jika Anda bisa memilih tempat cetak undangan lain untuk diajak kerja sama.

Demikianlah beberapa kesalahan dalam membuat desain undangan pernikahan dan tips pemilihan tempat cetak undangan pernikahan. Dengan mengetahui beberapa hal diatas, maka bukan hal sulit untuk membuat undangan pernikahan sesuai impian dan mendapatkan tempat cetak undangan terbaik.

Chat dengan kami melalui WhatsApp